Gadget  

Bagaimana Cara Urus Izin Terbang Drone? Ternyata Tidak Sulit Kok!

cara urus izin terbang drone

JAKARTA, Kolatera.com – Sebelum menerbangkan drone atau pesawat tanpa awak di Indonesia, mengantongi izin terkait penerbangann menjadi keharusan. Tak perlu khawatir, mengurus izin terbang drone cukup mudah.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengembangkan aplikasi Sistem Registrasi Drone, Pilot Drone, dan Persetujuan Pengoperasian Drone (SIDOPI-GO). Aplikasi ini dikembangkan dalam hal pengendalian pengoperasian drone di Indonesia berupa pemberian persetujuan pengoperasian secara terintegrasi dalam satu pintu.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam Instagram resminya @lapan_ri menjelaskan, persyaratan untuk proses perizinan terbang drone melalui SIDOPI-GO, antara lain surat permohonan asesmen ruang udara ditujukan kepada Airnav cabang terkait, surat permohonan penerbitan persetujuan yang ditujukan ke direktorat navigasi penerbangan, prosedur pengoperasian, prosedur kedaruratan, dokumen asuransi, daftar peralatan yang dibawa (apabila ada), serta surat izin dari institusi yang berwenang (apabila ada).

Pengisian formulir pada aplikasi SIDOPI-GO dengan mengisi dokumen-dokumen persyaratan yang terdapat pada tahap pertama.

Tahap selanjutnya asalah asesmen ruang udara oleh Airnav, penerbitan assesmen ruang udara, verifikasi dokumen persyaratan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, hingga akhirnya diterbitkan surat persetujuan pengoperasian pesawat udara tanpa awal atau drone. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *