Menggigil karena Asam Lambung? Coba Atasi dengan 8 Tips Ini

menggigil karena asam lambung

Kolatera.com – Meski sepele, menggigil bisa menjadi kondisi yang tidak nyaman dan mengganggu. Namun, tahukah Anda kalau menggigil tidak hanya disebabkan oleh kedinginan?

Ya, menggigil ternyata juga bisa disebabkan oleh asam lambung. Lantas, apakah kondisi tersebut bisa diatasi?

Cara Mengatasi Menggigil karena Asam Lambung

Melansir dari berbagai sumber, inilah cara-cara efektif untuk mengatasi menggigil yang disebabkan oleh asam lambung.

1. Mengatur pola makan

Salah satu langkah pertama untuk mengatasi masalah asam lambung adalah dengan mengatur pola makan. Beberapa tips pola makan yang bisa diikuti meliputi:

  • Makan dalam porsi kecil tetapi sering: Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam lambung. Cobalah makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering sepanjang hari.
  • Hindari makanan pemicu: Beberapa makanan seperti makanan pedas, asam, berminyak, dan berlemak tinggi dapat memicu peningkatan asam lambung. Hindari makanan-makanan ini untuk mengurangi risiko menggigil.
  • Konsumsi makanan ringan sebelum tidur: Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur. Makan makanan ringan dan sehat beberapa jam sebelum tidur dapat membantu mengontrol asam lambung.

2. Mengonsumsi obat antasida

Antasida dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi gejala yang terkait seperti menggigil. Obat antasida tersedia tanpa resep dokter dan dapat digunakan sesuai petunjuk pada kemasan. Beberapa contoh obat antasida yang umum adalah:

  • Magnesium hidroksida
  • Aluminium hidroksida
  • Kalsium karbonat

3. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur dapat mempengaruhi seberapa sering asam lambung naik ke kerongkongan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

  • Tidur dengan kepala lebih tinggi: Gunakan bantal tambahan untuk menjaga kepala dan dada lebih tinggi dari perut. Ini dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Tidur miring ke kiri: Posisi tidur miring ke kiri dapat membantu mengurangi gejala asam lambung karena posisi ini mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Mengelola stres

Stres dapat memicu peningkatan asam lambung dan gejala yang terkait seperti menggigil. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan cara yang sehat. Beberapa teknik yang bisa dicoba meliputi:

  • Meditasi: Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres.
  • Olahraga ringan: Aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres.
  • Pernapasan dalam: Latihan pernapasan dalam dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi gejala stres.

5. Menghindari konsumsi alkohol dan merokok

Alkohol dan merokok dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala asam lambung. Menghindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok dapat membantu mengurangi risiko menggigil akibat asam lambung.

6. Mengonsumsi jahe

Jahe dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh jahe atau menambahkannya ke dalam makanan.

  • Teh jahe: Rebus beberapa irisan jahe segar dalam air selama beberapa menit. Tambahkan madu untuk rasa yang lebih enak.
  • Jahe parut: Tambahkan jahe parut ke dalam masakan sehari-hari.

7. Mengonsumsi air kelapa

Air kelapa dapat membantu menetralkan asam lambung dan memberikan efek menenangkan pada perut. Air kelapa juga kaya akan elektrolit yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

8. Menghindari pakaian ketat

Pakaian yang terlalu ketat di sekitar perut dapat menekan perut dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Pilih pakaian yang longgar dan nyaman untuk mengurangi tekanan pada perut.

Menggigil akibat asam lambung dapat diatasi dengan perubahan pola makan, penggunaan obat antasida, perubahan posisi tidur, pengelolaan stres, serta menghindari alkohol dan merokok. Mengonsumsi jahe dan air kelapa juga dapat membantu meredakan gejala.

Jika gejala terus berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi gejala asam lambung dan mengatasi menggigil yang disebabkan oleh kondisi ini. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *